SOSIALISASI DAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI DI SDN 1 KALIKOA KECAMATAN KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON TAHUN 2023
Abstract
Earthquakes are vibrations that occur on the earth's surface due to the sudden release of energy from below the surface which creates seismic waves. The aim of this activity is to find out the results of the implementation of socialization activities and earthquake disaster preparedness simulations in elementary schools. This method is carried out by counseling, providing basic knowledge about disasters, and preparedness procedures before, when an earthquake occurs, and after an earthquake disaster is then carried out by simulation. Simulation activities were followed well and orderly by all students. It appears that students were able to rescue themselves when an earthquake occurred, seen from the speed with which they received and followed the instructions given. This will increase preparedness for natural disasters, especially earthquakes in elementary schools so that it is hoped that it will be able to minimize the negative impacts of earthquakes. This activity should be carried out one year frequently and involve the school community.
 Keywords: Earthquake, Socialization, Simulation
Abstrak: Gempa Bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui hasil pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan simulasi siaga bencana gempa bumi di sekolah dasar. Metode ini dilakukan dengan penyuluhan memberikan pengetahuan dasar tentang bencana, dan prosedur kesiapsiagaan sebelum, saat terjadi, dan setelah kejadian bencana gempa bumi kemudian dilakukan simulasi. Kegiatan simulasi diikuti dengan baik dan tertib oleh seluruh siswa. Tampak siswa sudah mampu melakukan penyelamatan diri saat terjadi gempa, dilihat dari kecepatan mereka menerima dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Hal ini akan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana alam terutama gempa bumi di sekolah dasar sehingga diharapkan mampu meminimalkan dampak negatif dari gempa bumi. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan setidaknya 1tahun sekali dan melibatkan komunitas sekolah.
Kata Kunci: Gempa Bumi, Sosialisasi, Simulasi
Full Text:
PDFReferences
Adi, A. W., Shalih, O., Shabrina, F. Z., Rizqi, A., Putra, A. S., Karimah, R., Eveline, F., Alfian, A., Syauqi, Septian, R. T., Widiastomo, Y., Bagaskoro, Y., Dewi, A. N., Rahmawati, I., Seniarwan, Suryaningrum, H. A., Purnamasiwi, D. I., & Puspasari, T. J. (2023). Indeks Rawan Bencana Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
Arisona, R. D., & Pd, M. (2009). MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN SISWA SDN 2 WATES PONOROGO. ASANKA : Journal of Social Science and Education.
Geologi, P. V. dan M. B. (2023). Kajian Kejadian Gempa Bumi & Tsunami. 6 Juni 2023. https://vsi.esdm.go.id/kajian-kejadian
Indriasari, F. N. (2018). Pengaruh Pemberian Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi terhadap Kesiapsiagaan Anak di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman, Vol.11(No.3). https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.3.700
Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Leibo, J., Yuliani, S., & Humsona, R. (2013). Mitigasi Berbasis Gender. Prosiding Seminar Nasional UNS-HIPIIS.
Primus Supriyono. (2014). Seri Pendidikan Pengurangan Resiko : Bencana Gempa Bumi. CV. Andi Offset.
Rahesli Humsona, Sri Yuliani, & Sigit Pranawa. (2019). Kesiapsiagaan Anak dalam Menghadapi Bencana: Studi di Kabupaten Sleman. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i1.619
Subagia, I. W. (2015). Pelatihan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Pengastulan Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Bali. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1), 585–598. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4916
DOI: https://doi.org/10.38165/jirah.v3i1.431
Refbacks
- There are currently no refbacks.