PENGARUH PENINGKATAN MUTU TERHADAP KUALITAS PELAYANAN LABORATORIUM
Abstract
Puskesmas Kotagede II Yogyakarta selalu menjaga keramahan dan kepercayaan yang baik kepada pasien untuk meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan sesuai dengan harapan pasien. Hal ini dibuktikan dengan jurnal tahun 2017 dengan hasil bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien. Studi pendahuluan yang juga dilakukan oleh peneliti pada tanggal 13 Januari 2018 dan didapatkan hasil bahwa petugas laboratorium di Puskesmas Kotagede  II  memiliki suatu  kendala  dalam  menangani pasien,  hal  ini  dikarenakan  hanya  ada  satu  petugas  di laboratorium dengan jumlah pasien yang  banyak.  Akan tetapi data kunjungan pasien ke  laboratorium Puskesmas Kotagede II Yogyakarta bulan November 2017 sebanyak 335 pasien, dan pada bulan Desember 2017 sebanyak 341 pasien,  maka  terjadi  kenaikan  sekitar  1,76%.  Kenaikan  tersebut  salah  satunya  berasal  dari  mutu  yang  diukur sebelumnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak  341  pasien  dan  sampel  penelitian  berjumlah  78  responden.  Metode  pengumpulan  data  dengan  teknik wawancara dan instrument yang digunakan adalah kuesioner. Analisa data menggunakan uji data kuantitatif yaitu uji statistik regresi linier sederhana yang ditinjau dari lima dimensi yaitu: tampilan fisik (tangible), kehandalan (realibility), daya tanggap (responsiviness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Hasil penelitian didapatkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh peningkatan mutu terhadap kualitas pelayanan laboratorium di UPT Puskesmas Kotagede II Yogyakarta yang dapat ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Semakin meningkatnya peningkatan mutu maka semakin meningkat pula kualitas pelayanan di laboratorium UPT Puskesmas Kotagede II Yogyakarta.
Kata Kunci: Mutu, Kualitas Pelayanan, Laboratorium, Puskesmas.
Â
ABSTRACT
The Kotagede II Primary Health Care (PHC) of Yogyakarta has always been providing hospitality and keeping patients’ trust in order to maintain standard quality of service, as previous study demonstrated that the level of service quality was associated with patient satisfaction. Another study showed that there was a problem in the laboratory unit of Kotagede II PHC in providing service to patients mainly due to huge number of patients with limited number of laboratory staff. An increase in number of patients seeking services in the laboratory unit of Kotagede II PHC (335 to 341; 1.76%) was reported from November 2017 to December 2017, and such increase might be due to increasing quality of services provided by the laboratory staff. Current study aimed to identify association of quality improvement and service quality in the laboratory unit of Kotagede II PHC of Yogyakarta. The quantitative study implemented a cross-sectional design, including a total of 78 patients as respondents.  Methods of collecting data with interview techniques and the instruments used were questionnaires.  Data analysis was performed by using linear regression, analyzed from five aspects: reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible. Current study results demonstrated that quality improvement is associated with service quality level (P<0.001). In conclusion, improvements in  quality  is  followed  by  improvements  in  service  quality  level  in  the  laboratory unit  of  Kotagede  II  PHC  of Yogyakarta.
Keywords: quality improvement, service quality, laboratory unit, primary health care
Full Text:
PDFReferences
Bustami, M.S. Penjaminan mutu pelayanan kesehatan dan akseptabilitasnya. Padang: Erlangga;
Hardiansyah. Manajemen pelayanan dan pengembangan organisasi publik. Yogyakarta: Gava media; 2017.
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2014.
Susilani T, Emiliana, dan Wibowo A, Trisno. Dasar-dasar penelitian untuk mahasiswa kesehatan. Yogyakarta: Graha Cendikia; 2015.
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D Ed.3. Bandung: Alfabeta; 2017.
Azwar, Azrul. Pedoman menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta; 1995.
PERMENKES No.75.Tentang pusat kesehatan masyarakat. Jakarta; 2014.
DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v10i1.1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.