HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERILAKU AGRESIF REMAJA DI SMK RISE KEDAWUNG
Abstract
Aksiâ€aksi kekerasan dapat terjadi di mana saja, seperti di jalanâ€jalan, di sekolah, bahkan di kompleksâ€kompleks perumahan.Pada kalangan remaja aksi yang biasa dikenal sebagai tawuran pelajar merupakan hal yang sudah terlalu sering kita saksikan, bahkan cenderung dianggap biasa. Hal yang terjadi pada saat tawuran sebenarnya adalah salah satu contoh perilaku agresif dari seorang individu atau kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dengan perilaku agresif remaja di SMK RISE Kedawung. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda deskriptif analitik dengan pendekatan potong silang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK RISE Kedawung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa, sampel menggunakan total populasi. Data yang digunakan adalah data primer dengan instrumen penelitian angket. Hasil dari penelitian yang dilakukan diketahui terdapat 35,6% remaja yang berperilaku agresif di SMK RISE Kedawung . Jenis pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh orangtua adalah pola asuh demokratis sebanyak 65,6%. Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan perilaku agresif (p< 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini, terdapat hubungan antara pola asuh orangtua permisif dan otoriter dengan perilaku agesif remaja di SMK RISE Kedawung.
Kata Kunci : Pola Asuh Orangtua, Perilaku Agresif
Â
ABSTRACT
Violent act scan happened anywhere, such as in the streets, schools, even in housing. Action that commonly known for adolescent as student brawl we have often seen, and even considered as normal. The actual brawlis one of example of the aggressive behavior of anindividual or group. The purpose of this study is to identify the relation ship between parents parenting with adolescent aggressive behavior in RISE vocational high school, Cirebon. The method of this study is descriptive analytic with cross sectional approach. The population in this study were all students of SMK RISE kedawung. The population in this study were 90 students, using a sample of the total population. The datas are primary datas with questionnaire research instruments. The result of the study show that there are 35.6% adolescents who be have aggressive lyinRISEvocational high school, Cirebon. Mostly types of child care which adopted by parents is 65.6% democratic parenting. There is a significant relationshipbetween parentsparentingwithaggressivebehavior (p<0,05). The conclusion of this study is the existence of the relationship between permisif parenting and otoriter parenting with adolescents aggressive behavior in RISEvocational high school, Cirebon
Keywords : Parents Parenting, Aggressive Behavior
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. Tes Prestasi: Fungsi & Pengembangan Prestasi BelajarEdisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar;2005
Berkowitz, L. Agresi: Sebab & Akibatnya. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo;1995
Edmunds, G. & Kendrick, D. C. The Measurement of Human Agressiveness. International Edition: John Willey & Sans;1980
Dayakisni, T. Perbedaan Intensi Prososial Siswa-siswi Ditinjau Dari Pola Asuh Orang tuaJurnal Psikologi. No 1 Tahun Ke-XVI. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada;1988
Hurlock,E.B. Psikologi Perkembangan Anak. Edisi 6Alih Bahasa: dr. Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Penerbit Erlangga;1993
Hurlock,E.B. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Edisi 5. Jakarta: Erlangga;1994
Kenny. J., & Kenny,M. Dari Bayi Sampai Dewasa. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia;1991
Santrock, J. W. Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup).Jilid 1: Edisi Kelima. Penerbit Erlangga ;2002
Mappiare, A. Psikologi RemajaSurabaya:Usaha Nasional;1986
DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v6i1.141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.