PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN TERHADAP PENGELOLAAN KELAS

Norma Mardiani

Abstract


Dosen merupakan orang yang sangat berperan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran di kelas. Sebagai pengajar tentunya dosen mengharapkan agar mahasiswa dapat memahami dunia sosialnya, mengembangkan rasa percaya diri dan selalu meningkatkan kualitas diri. Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika dosen mampu mengatur mahasiswa dan sarana pembelajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hubungan interpersonal antara dosen dengan mahasiswa, dan mahasiswa dengan mahasiswa yang lain, merupakan syarat keberhasilan pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan syarat pembelajaran yang efektif. Rancangan penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan subjek penelitian mahasiswa tingkat II semester IV Diploma III Kebidanan STIKes Cirebon sebanyak 37 responden. Analisis data menggunakan Rank Spearman untuk hubungan kompetensi dosen dengan pengelolaan kelas mahasiswa.Hasil perhitungan dengan korelasi Spearman dapat nilai koefesien korelasi sebesar 0,505 dengan Pvalue atau Sig sebesar 0,001. Menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap pengelolaan kelas mahasiswa STIKes Cirebon  tahun 2014. Arah korelasinya terlihat dari nilai Ï 0,505 yang positif, berarti pengaruh kompetensi pedagogik dosen dengan pengelolaan kelas mahasiswa tersebut positif  dalam arti jika skor variabel kompetensi pedagogik dosen mengalami kenaikan maka skor variabel pengelolaan kelas mahasiswa juga akan naik. Kekuatan pengaruh pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap  pengelolaan kelas mahasiswa STIKes Cirebon  tahun 2014  karena nilai r 0,505 berada pada rentang skor 0,50 – 0,75 maka kekuatan hubungan tersebut adalah Kuat.

Kata kunci: Pengaruh  Kompetensi  Pedagogik, Pengelolaan Kelas

 

ABSTRACT

Lecturer is a person who was instrumental in organizing the learning process in the classroom. As a teacher of course lecturers expect that students can understand the social world, develop self-confidence and always improve the quality of self. An optimal learning conditions can be achieved if the lecturer and the student is able to organize and control the means of  learning in an enjoyable atmosphere to achieve learning objectives. Interpersonal relationships between faculty and students, and students with other students, is a condition of the successful management of the class. Effective classroom management is a prerequisite for effective learning. The design of this study used a quasi experimental research subject II level students of fourth semester Diploma in Midwifery STIKes Cirebon total of 37 respondents. Data analysis using Spearman's rank correlation competence of lecturers with classroom management students.The results of calculations can Spearman correlation coefficient correlation of 0.505 with a p-value of 0.001 or Sig. Indicates that there is the influence of pedagogical faculty to student classroom management STIKes Cirebon 2014. Direction correlation Ï 0.505 seen from a positive value, meaning the influence of pedagogical competence of lecturers with classroom management of students is positive in the sense that if the variable score pedagogical competence of lecturers increases then variable score classroom management students will also rise. The strength of the effect of the influence of pedagogical faculty to student classroom management STIKes Cirebon in 2014 because the value  score of 0.505 in the range 0.50 to 0.75, the strength of the relationship is strong.

Keywords: Effect of Pedagogic Competence, Classroom Management


References


Kunaryo, Hadikusumo dkk. Pengantar pendidikan: Semarang: IKIP Semarang Press; 2008

Djamarah, Saeful Bahri dkk. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta; 2012

Anonim,UU Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005.[di akses tanggal 15 April 2014]. Di unduh dari: http//jatim.kemenag.go.id

Murdiati. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen. Yogyakarta: UGM; 2007

Suciati dkk. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta : PAU-PPAI-UT; 2005

Djamarah , Saeful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta; 2008

Udin S. Winataputra. Model-Model Pembelajran Inovatif. Jakarta : PAU-PPAI-UT; 2005




DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v6i2.155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitor Statistics