PENGARUH PENERAPAN SENAM HOOK UPS TERHADAP TINGKAT PERCAYA DIRI ANAK

R. Nur Abdurakhman, Eva Latifatul Fajriyah

Abstract


Salah satu aspek  yang perlu diperhatikan pada siswa sekolah  adalah percaya diri (self confidence), percaya diri merupakan salah satu modal dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan pada  setiap siswa agar mereka dapat menjadi manusia yang bisa mengontrol berbagai aspek yang ada pada dirinya.masalah fisik, obesitas dan kurangnya berat badan, keterlambatan dalam menerima pelajaran dikelas, yang mengakibatkan seorang anak kurang percaya diri. salah satu metodenya yaitu dengan memberikan gerakan senam hook ups.  Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan senam hook ups terhadap peningkatan percaya diri anak kelas dua. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasy eksperimen tanpa kelompok pembanding (one group pretest and post test), dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa/i kelas dua MIN Guwa Kidul. Pengumpulan data selama satu bulan untuk pre test dilakukan dengan responden mengisi kuisioner sebelum intervensi,  post test  dilakukan pengumpulan data pada minggu ke empat . Uji statistik dengan Uji Paired t – test dengan nilai t- post test 85.636 dan p Value 0.000.Hasil uji statistik didapatkan bahwa  ada perbedaan tingkat percaya diri sebelum dan sesudah dilakukan senam Hook Ups dengan nilai mean 0,32 dan menunjukkan ada peningkatan tingkat percaya diri setelah dilakukan senam Hook Ups ( p value 0,000).

Kata Kunci          : senam Hook Ups, tingkat percaya diri.

ABSTRACT

One aspect to note is the school student confidence (self-confidence), self-confidence is one of the capital in a life that must be grown on each student so that they can be a man who can control every aspect of the physical dirinya.masalah, obesity and lack of weight gain, delays in receiving lessons in class, which resulted in a child's lack of confidence. one method is to provide the hook ups gymnastics movement. The purpose of this study was to determine the effect of the application of gymnastics hook ups to the increased confidence graders.

The method used was experimental or quasi-experimental Quasy without comparison groups (one group pretest and post-test), with a sample size of 35 students / class i MIN Guwa two Kidul. The collection of data for a month to pre-test conducted with respondents fill out questionnaires before the intervention, post-test data collection at week four. Test statistics with the Paired t- test, post test  85.636 and p Value 0.000.

Statistical test results showed that there are differences in confidence levels before and after exercise Hook Ups with a mean of 0.32 and showed no increase in confidence levels after exercise Hook Ups (p value 0.000).

Keywords             : gymnastics Hook Ups, confidence level.


Full Text:

PDF

References


Suharsono Toni. Dr. dr. Achidat. Pengaruh Penerapan Senam Hook Ups terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri pada Anak Usia 3-4 tahun di PAUD Mentari dan PAUD Al-Sha Desa Sidorahayu- Wagir Kabupaten Malang.[diakses tanggal 3 November 2013]. Diunduh dari:old.fk.ub.ac.id/artikel/id/.../Kiki%20Giardika.pdf‎.

Hamdan . Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMUN 1 Setu Bekasi. [diakses tanggal 17 Desember 2013]. Diunduh dari:www.gunadarma.ac.id/library/.../Artikel_10504066.p.

Rohayati Iceu. Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa.[diakses tanggal 23 November 2013]. Diunduh dari:jurnal.upi.edu/file/36-ICEU_ROHAYATI.pdf‎.

DR. Kartini. Kartono. Psikologi Anak. Psikologi Perkembangan. Bandung:Mandar Maju;2007

Notoatmojo Sukijo.Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta:Rineka Cipta;2007

Hurclock. Elizabeth B. Perkembangan Anak jilid 1 Edisi ke Enam. Erlangga Jakarta: Erlangga;2007




DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v5i1.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitor Statistics