FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTUSAN PASIEN DALAM MEMILIH PELAYANAN RAWAT INAP
Abstract
Menurut Anderson R (1968) dalam behavioral model of families use of health services, perilaku orang sakit berobat ke pelayanan kesehatan secara bersama-sama dipengaruhi oleh faktor predisposisi (usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan), faktor pemungkin (ekonomi keluarga, akses terhadap sarana pelayanan kesehatan yang ada dan penanggung biaya berobat) dan faktor kebutuhan (kondisi individu yang mencakup keluhan sakit).Penurunan utilisasi atau jumlah pasien rawat inap yang jika dibandingkan pada semester 1 tahun 2013 (bulan Januari 2013 sampai dengan Juni 2013) dengan semester 1 tahun 2012 (bulan Januari 2012 sampai dengan Juni 2012) menunjukan penurunan sebanyak 0,87%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang berhubungan dengan keputusan pasien rawat inap dalam memilih pelayanan rawat inap di RS Pertamina Cirebon tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dengan populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat inap dalam satu bulan sebanyak 492, sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 dengan metode pengambilan non random sampling yang menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor karakteristik pasien yang memiliki hubungan dengan keputusan pasien untuk memilih pelayanan rawat inap hanya karakteristik sosial pengaruh kelompok acuan, sedangkan faktor karakteristik pasien (pendidikan, pekerjaan, keadaan ekonomi, dan cara pembayaran), faktor sosial keluarga, faktor budaya tidak ada hubungan dengan keputusan untuk memilih pelayanan rawat inap. Faktor psikologi pasien yang memiliki hubungan dengan keputusan untuk memilih pelayanan rawat inap hanya persepsi terhadap bauran pemasaran SDM dan proses, sedangkan faktor lainnya seperti motivasi, pembelajaran, bauran produk, harga, tempat, promosi, dan bukti fisik tidak ada hubungan dengan keputusan untuk memilih pelayanan rawat inap di RS Pertamina Cirebon.
Kata Kunci : karakteristik pasien, psikologi, keputusan pasien
Â
ABSTRACT
According to Anderson R (1968) in behavioral models of families use of health services, the behavior of the sick medical treatment to the ministry of health jointly influenced by predisposing factor (age, gender, education, employment), enabling factor (economi families, access to the means of the existing health services and treatment costs of the insures), and the reinforcing factors (condition of the individual that includes complaints of pain). Utilization decline or in-patient number that when compared in semester of 1 years 2013 (January 2013 inclusive Juni 2013) with semsester of 1 years 2012 (January 2012 inclusive Juni 2012) shows declineas much 0,87%. This research aimed to know factors that related to in-patient decision in selecting service in-patient in Rumah Sakit Pertamina Cirebon years 2014. Research used inquantitative with cross sectional with a population was all patients hospitalized in one month as much as 492, while the number of samples taken as many as 100 by the method of making non-random sampling using quota sampling technique. The results showed that the factor characteristics of patients who have a relationship with the patient’s decision to choose inpatient services only social characteristics influence the reference group, while the factor of patient characteristics (education, employment, economic conditions, and method of payment), family social factors, cultural factors do not exist relationship with the decision to choose inpatient services. Psychological factors of patients who have a relationship with the decision to choose in patient only the perception of the marketing mix of human resources and processes, while other factors such as motivation, learning, product mix, price, place, promotion, and physical, evidence of no association with the decision to choose a service pertamina hospital patient in Cirebon.
Keywords : patient characteristics, psychology, patient decision.
Full Text:
PDFReferences
Soekidjo Notoatmojo, Prof. Dr. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta; 2010.
Widayatun, Tri, Rusmi. Ilmu Perilaku. Jakarta:Sagung Seto; 2009
Jabal Ghafur Sigli. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku mencari pengobatan; [diakses tanggal 26 Desember 2013]. Diunduh dari: http://syehaceh.wordpress.com.
Depkes RI. UU no.44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit; [diakses tanggal 25 Nopember 2013]. Diunduh dari : http://www.depkes.go.id
Menteri Kesehatan RI. KMK no.29 tahun 2008; [diakses tanggal 25 Nopember 2013]. Diunduh dari: http://www.litbang.depkes.go.id
Unit Manajemen Bisnis RSPC. Laporan kepuasan pelanggan RS Pertamina Cirebon. Cirebon: Rumah Sakit Pertamina Cirebon; 2013
Unit Rekam Medis RSPC. Laporan Utilisasi rawat inap. Cirebon: Rumah Sakit Pertamina Cirebon; 2013
Rr. Nurmalia Safitri. Faktor-faktor yang berhubungan dengan niat untuk memilih pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Bogor Medical Center tahun 2011. Skripsi. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia; 2012
Riyanto,Agus, SKM, M.Kes. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2011
Hurriyati, R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta; 2010
Wirawan, Sarlito. Psikologi Sosial (Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan). Jakarta: Balai Pustaka; 2005
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga; 2006.
Schiffman & Kanuk. Perilaku Konsumen.edisi 7. Jakarta: Prentice Hall; 2004
Susi Susilowati. Bauran Pemasaran. [diakses tanggal 26 Desember 2013]. Diunduh dari: http://sushety.blogspot.com/2013/12/bauran-pemasaran-marketing-mix.html
DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v5i1.158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.