PERBEDAAN PENGETAHUAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN
Abstract
Laporan hasil pendataan PHBS tatanan sekolah tahun 2012 memperlihatkan bahwa anak usia Sekolah Dasar di SDN 1 Watubelah Kabupaten Cirebon belum memiliki kebiasaan yang menunjuk perilaku hidup bersih dan sehat. Sedangkan dari pihak puskesmas sudah dilakukan penyuluhan setiap tahunnya disekolah-sekolah namun hasil dari penerapannya pada siswa disekolah masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat sebelum dan sesudah penyuluhan pada siswa kelas VI di SDN 1 Watubelah Kabupaten Cirebon Tahun 2013. penelitian ini menggunakan metode pra experimen design dengan pendekatan one group pretest posttest dalam rancangan ini tidak ada kelompok pembanding (kontrol), tetapi paling tidak sudah dilakukan observasi pertama (pretest) yang memungkinkan menguji perubahan-perubahan yang terjadi setelah adanya eksperimen (program). Jumlah sampel sebanyak 30 dengan menggunakan total sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dengan wawancara. Teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis perbedaan dua perlakuan dengan uji T. Untuk pengetahuan perilaku hidup bersih siswa sebelum diberikan penyuluhan adalah pada kategori baik yaitu sebanyak 20 responden (66,7%). Kemudian hasil penelitian yang menunjukan bahwa pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat siswa sesudah diberikan penyuluhan dalam kategori baik yaitu sebanyak 27 responden (90,0%) Hasil pengujian hipotesis di peroleh nilai T (T test) 2.249 dan nilai sig. (p-Value) 0,032.
Kata Kunci : Pengetahuan, perilaku hidup bersih dan sehat
Â
ABSTRACT
Report school survey results PHBS order in 2012 showed that elementary school-age children in SDN 1 Watubelah Cirebon has a habit of pointing yet clean and healthy lifestyle behaviors. While the parties have conducted outreach clinic every year in schools, but the results of its application to the school students are still lacking. The purpose of this study was to determine differences in knowledge of healthy living behaviors before and after counseling on sixth grade students at SDN 1 Watubelah Cirebon in 2013. This study uses a pre-experimental design with one-group pretest-posttest approach in this design there is no comparison group (controls), but at least we have made the first observation (pretest) that allows to test the changes that occurred after the experimental (program). The total sample of 30 by using the total sampling. Data were obtained through a questionnaires with interview. this analysis technique using two different analytical techniques to test treatment T. To the knowledge of hygienic behavior of students before giving information on both categories are as many as 20 respondents (66.7%). Then the results of the study showed that knowledge of clean and healthy lifestyle after given counseling students in both categories as many as 27 respondents (90.0%) in the hypothesis testing results obtained values T (T test) and 2,249 sig. (P-value) of 0.032.Â
 Keywords : Knowledge, clean and healthy lifestyle
Full Text:
PDFReferences
Depkes RI. Peningkatan PHBS pusat promosi kesehatan. Jakarta:Depkes RI;2009
Depkes R I. Panduan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumah Tangga. Jakarta:Pusat Promosi Kesehatan;2009
Lilis A. Hubungan antar pengertahuan lingkungan hidup dan kecerdasan spiritual dengan perilaku hidup bersih dan sehat siswa SMPN Kota Suka Bumi. 2010 [diakses tanggal 13 mei 2013]. Diunduh dari:http//www.digilib.uin.suka.ac.id
Puskesmas Watubelah. Laporan hasil pendataan PHBS tatanan sekolah 2012
Sugiono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta : 2010
Notoatmodjo, Soekidjo. Kesehatan masyarakat: Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta. 2007
Zul Salasa Akbar Lubis, dkk. pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anak Tentang phbs di sekolah dasar negeri 065014 Kelurahan Namogajah kecamatan Medan tuntungan Tahun 2013 [diakses tanggal 27 agustus 2013]. Diunduh dari:http//www.jurnal.usu.ac.id/index.php
DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v5i2.176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.