PENGARUH ACTION LEARNING TERHADAP SIKAP REMAJA TENTANG HIV/AIDS
Abstract
Angka kejadian HIV/AIDS di Indonesia dari tahun ketahun semakin meningkat. Menurut Komisi penanggulangan AIDS, sampai dengan bulan September 2007 penderita AIDS di Indonesia sekitar 1,3 juta dengan kematian 2.287 dan diperkirakan pada tahun 2020 akan mencapai 2,3 juta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Action Learning terhadap sikap remaja tentang HIV/AIDS di SMK RISE Kedawung, Kabupaten Cirebon Tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretes-Posttest. Jumlah sampel sebanyak 91 responden, yang diambil secara Propotionate Stratified Random Sampling. Data diperoleh dengan cara wawancara melalui kuesioner dan data dianalisis secara statistik menggunakan uji Paired t-test. Dari hasil uji statistik di dapatkan bahwa Rata-rata (mean) skor sikap remaja tentang HIV/AIDS sebelum dilakukan intervensi Action Learning adalah 64,66 (tidak mendukung), rata-rata (mean) skor sikap remaja sesudah dilakukan intervensi Action Learning adalah 66,77 (mendukung), Ada pengaruh Action Learning terhadap sikap remaja tentang HIV/AIDS di SMK RISE Kedawung Kabupaten Cirebon (P Value sebesar 0,000).
Kata Kunci            : Action Learning, SikapRemaja
Â
ABSTRACT
The incidence of HIV / AIDS in Indonesia from year to year increase. According to the Commission on AIDS prevention, until the month of September 2007 AIDS patients in Indonesia around 1.3 million with 2,287 deaths in 2020 and is estimated to reach 2.3 million. The purpose of this study was to determine the effect of Action Learning on adolescent attitudes about HIV / AIDS in vocational RISE kedawung, Cirebon 2014. The method used in this study is Quasi-Experimentation with study design pretest-posttest One Group. The total sample of 91 respondents, which is taken through the formula propotionate Stratified Random Sampling. Data were obtained by interview questionnaires and analyzed statistically using Paired t-test. From the statistical test showed that the average (mean) score of teen attitudes about HIV / AIDS prior to the intervention of Action Learning is 64.66 (no support), the average (mean) score of teen attitudes before intervention Action Learning is 66, 77 (support), There is the influence of Action Learning on adolescent attitudes about HIV / AIDS in vocational RISE kedawung Cirebon (P Value = 0,000).
Keywords:Action Learning,Attitude Youth
Full Text:
PDFReferences
Noviana Nana. Kesehatan Reproduksi dan HIV/AIDS.Jakarta:Trans Info Media;2013.
Adisasmito Wiku. Sistem Kesehatan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada;2007.
Depkes. Laporan triwulan pertama 2011 kasus HIV-AIDS: [diakses tanggal 3 November 2014]. Diunduh dari http/www.depkes.go.id/index.php.
WHO. WHO Progres Report [diakses tanggal 3 November 2014]: diunduh dari http://www.who.int/hiv/pub/progress_report2011/en/.
Hutapea Ronald. AIDS & PMS dan perkosaan. Jakarta: PT Rineka Cipta;2011.
Mighwar Al Muhamad. Psikologi Remaja. Bandung:Pustaka Setia 2011.
Rumini Sri & Sundari Siti. Perkembangan Anak & Remaja. Jakarta. PT Rineka Cipta;2011
Negara Pandu Mahendra. Pengeruh Action Learning terhadap pengetahuan, dan sikap remaja tentang HIV AIDS dan klinik Voluntary Counseling and Testing (VCT). [Skripsi]. Jember:Universitas Jember:2013.
Halima Nur. Belajar Tentang Sikap. [diakses tanggal 26 November 2014. Diunduh dari http://phnconsulting.com/news.
Bawono Hayuning. Action Learning Sebuah Antisipasi Songsong Masa Depan.[diakses tanggal 29 November 2014]. Diunduh dari http://kalipaksi.me/2007/08/20/action-learning-sebuah-antisipasi-songsong-masa depan.
Komarudin. Action Learning untuk pembelajaran aktif. [diakses tanggal 22 November 2014]. Diunduh dari http://www.wial.org/action-learning.
DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v5i2.177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.