PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG SADARI

Fauziah Fauziah, Sri Lestari

Abstract


Masa remaja akan diwarnai dengan perubahan fisik salah satunya adalah payudara   membesar.  Payudara   ini   memiliki   kemungkinan   akan   timbulnya penyakit salah satunya adalah kanker payudara. Namun kurangnya minat remaja dalam  mencari  informasi  mengenai  deteksi  dini  kanker payudara,  menjadikan remaja tidak paham akan penyakit kanker payudara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui peer group terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang SADARI. Jenis penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan pendekatan pre and post test without control group. Dengan jumlah populasi 1028 remaja putri, sehingga jumlah sampel didapatkan sebanyak 91 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Data diperoleh dengan cara wawancara, alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis secara statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon signed ranktest diperoleh   nilai   probabilitas  (p-value)  sebesar 0,000  (p<   0,05)   sehingga kesimpulan uji adalah terdapat pengaruh pendidikan kesehatan melalui peer group terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang SADARI.

Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Peer Group, Remaja

 

 

 

ABSTRACT

Adolescence will be colored by physical changes, one of which is enlarged breasts. This breast has the possibility of disease, one of which is breast cancer. But the lack of interest in adolescents in seeking information about early detection of breast cancer, makes teenagers do not understand breast cancer.The purpose of this study was to determine the effect of health education through peer groups on the knowledge and attitudes of young women about their awareness. This type of research uses a quasi experiment design with a pre and post test without control group approach. With a population of 1028 young women, so the number of samples was 91 respondents. The sampling technique used in this study used simple random sampling. Data obtained by interview, data collection tools using questionnaires and statistically analyzed using the Wilcoxon Signed Rank Test. The results of hypothesis testing using the Wilcoxon signed ranktest test obtained a probability value (p-value) of 0,000 (p <0.05) so that the conclusion of the test was that there was an effect of health education through peer groups on the knowledge and attitudes of young women.

Keywords : Knowledge, Attitude,Peer Group, Adoloscence


Full Text:

PDF

References


Widyastuti Yani, Rahmawati Anita, Eka Yulistati ningrum. Kesehatan reproduksi. Yogyakarta: Penerbit Fitramaya;2010

Nisman, Artanty wenny. Lima menit kenali payudara anda, Yogyakarta: CV Andi Offset; 2011

Pratiwi Anggi, Yati Afiyanti. Seksualitas dan kesehatan reproduksi perempuan.Jakarta:Rajawali Press;2016

Supriyanto Wawan Kanker deteksi dini pengobatan dan penyembuhannya. Yogyakarta:Parama Ilmu;2015

International Agency Latest global cancer data. Global cancer data.[Diakses tanggal 28 November 2018]. Diunduh dari www.iare.fr/infografics/globa-cancer-data

Anonim. Bulan Peduli kanker payudar. [Diakses tanggal 28 November 2018]. Diunduh dari www.pusdatin.kemkes.go.id

Dinas Kesehatan provinsi Jawa Barat. Profil Kesehatan tahun 2016. Bandung: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat; 2016

Dinas Kesehatan kabupaten Cirebon. Data kanker Payudara tahun 2017. Cirebon: Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon;2017

Raharjo Edzan. Kanker payudara tertinggi di Indonesia, kini menyerang usia Produktif (Detik health 8 September 2018). [Diakses tanggal 1 Desember 2018]. Diunduh dari www.health.detik.com

Marisa Putri. Panduan praktis kesehatan masyarakat. Yogyakarta: pallmal;2014

Laela Fibriza utami, Yuli Isnaeni. Pengaruh pendidikan kesehatan peer group terhadap perilaku SADARI pada wanita usia Produktif. Jurnal Keperawatan [diakses tanggal 1 Desember 2018]. Diunduh dari www.digilib.unisayogya.ac.id

Rentawati Purba, Yusni Ferabetty. Pengaruh penyuluhan kesehatan model peer group terhadap pengetahuhan dan sikap remaja tentang tuberkulosis paru di YP SMA Singosari deli tua kabupaten Deli serdang 2017. Jurnal keperawatan [Diakses tanggal 1 Desember 2018]. Diunduh dari www.ejurnal.delihusada.ac.id

Wiratna sujarweni. Metodologi penelitian keperawatan. Yogyakarta: Media;2014

Soekidjo Notoatmojo, Metode penelitian kesehatan Jakarta:Rineka cipta;2010

Fer effendi dan makhfudli. Keperawatan kesehatan komunitas teori dan praktek keperawatan. Jakarta:Salemba Medika;2013

Sunaryo. Sikologi untuk keperawatan. Jakarta:EGC;2017

Irawan Sarwono Sarito. Pengantar sikologi umum. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada;2010

T Widodo, Model pembelajaran peer gruop konteksual (kajian teoritis dan implementatif). Surakarta:UPT UNS Press;2014

Damsar. Pengantar sosiologi pendidikan. Jakarta:Kencana;2012

Binarti Dwi W.pengaruh Peer Group education tentang SADARI terhadap tingkat pengetahuan remaja putri mengenai SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) di SMAN Gondang kabupaten Mojokerto 2016. Jurnal Hesti Wira Sakti. Volume 3 nomor 2.

Aprilia dian Utami.yuli isnaeni pengaruh pendidikan kesehatan peer group terhadap perilaku SADARI pada remaja putri didusun celungan sumberagung moyudan sleman tahun 2016. [diakses tanggal 20 Desember 2018]. Diunduh dari www.digilib.unisayogya.ac.id

Weni Tri Purnani. Efektifitas pendidikan kesehatan metode peer group dengan metode demonstrasi terhadap keterampilan SADARI. [Diakses tanggal 20 Desember]. Diunduh dari www.stikeskusumahusada.ac.id




DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v10i2.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitor Statistics