HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN SELAMA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Di masa COVID-19 penyakit mematikan yang menginfeksi sistem pernafasan dan dapat menular dengan cepat, ditetapkannya pembelajaran blended learning (pembelajaran campuran) di perguruan tinggi saat ini. Stres merupakan reaksi tubuh terhadap tuntutan kehidupan karena pengaruh lingkungan. Maka dari itu dilakukannya strategi koping untuk mengetahui tingkat Stres dan dapat menurunkan tingkat stres pada mahasiswa. Strategi koping merupakan proses yang dilalui individu saat berusaha untuk mengelola tuntutan yang mendatangkan tekanan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi strategi koping terhadap Stres, untuk mengetahui tingkat Stres dan mencari hubungan strategi koping dengan tingkat Stres pada mahasiswa program studi S1 Keperawatan. Desain penelitian analitis deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh mahasiswa program studi S1 Keperawatan 251 mahasiswa dengan teknik proporsional random sampling sebanyak 70 mahasiswa dengan menggunakan Rumus Taro Yamane. Instrumen berupa lembar angket, untuk mengukur strategi koping (ACOPE) dan tingkat Stres (DASS-21). Analitis secara statistik menggunakan uji chis-square test. Hasil penelitian dengan hasil uji statistik chis-square diperoleh P value (0,000) < = 0,05 (lebih kecil dari pada 0.05). hal itu menunjukan bahwa H0 (Hipotesis Nol) ditolak dan Ha (Hipotesis Alternatif) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan adanya hubungan antara strategi koping dengan tingkat Stres pada mahasiswa program studi S1 Keperawatan STIKES Cirebon selama pembelajaran blended learning di masa pandemik COVID-19 tahun 2022.
Kata Kunci:Â Strategi Koping; Tingkat Stres; COVID-19Full Text:
PDFReferences
WHO 2021. Data COVID-19. In. Available from: https://g.co/kgs/m4PUJz
Dina Kholiyah, dkk. Hubungan Persepsi Masyarakat Tentang Vaksin Covid-19 Dengan Kecemasan Saat Akan Menjalani Vaksinasi Covid-19. 2021;(July).
Dikti D. Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Http://KemdikbudGoId/ [Internet]. 2020;(Mei). Available from: http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id
Praherdhiono H. Komunitas Blended Learning. 2017; Available from: https://www.academia.edu/33310232/KOMUNITAS_BLENDED_LEARN ING
Surahman E. Pengembangan Adaptive MobileLearning Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. J Inov Teknol Pendidik [Internet]. 2017; Available from: https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/9723/9311
Aslamiyah AT, Setyosari P, Praherdhiono, Henry. Blended Learning Dan Kemandirian Belajar. J Kaji Teknol Pendidik. 2019;2(2):109–14.
Aditya, Muhamad Hidayah. Blended Learning Solusi Pendidikan di Era Pandemi Berdasarkan Hasil Jajak Pendapat Dari Berbagai Mahasiswa di Indonesia. 2021 [cited 2022 Jan 10]; Available from: https://pkimuin suka.ac.id/kegiatan/single/blended-learning-solusi-pendidikan-di-era- pandemi-berdasarkan-hasil-jajak-pendapat-dari-berbagai-mahasiswa-di- indonesia2021-0
Tahlil. Stres dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan The Stres And Coping Strategy Of In Nursing Students. 2016.
Hasan & Rufaidah. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Strategi Coping Pada Penderita Stroke RSUD Dr. Moewardi Surakarta. 2013.
Ekawarna. Manajemen Konflik Dan Stres, Jakarta : PT Bumi Aksara. 2018.
Harahap. Analisis Tingkat Stres akademik pada mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Massa Covid 19. J Kaji Konseling dan Pendidik [Internet]. 2020; Available from: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/biblio.
Sinaga FP. Hubungan Strategi Koping dengan Tingkat Stres pada Siswi di Asrama Santa Theresia Medan Tahun 2019. Progr Stud Ners Stikes St Elisabeth. 2019;1–101.
Syafei. Self Disclore dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. J Ilm Psikol. 2018.
Livana, P.H., Mubin, M.F.,&Basthomi, Y. Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. J Ilmu Keperawatan Jiwa [Internet]. 2020;203–8. Available from: https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/download/590/329
Nayeri, Nahid Dehghan D. Coping Strategies of Nursing for Dealing with Stres in Clinical Setting: A Qualitative Study. Electron Physician. 2017;9:6120–8.
Boyd A. Psychiayric nursing contrmporary practice. USA Aptar, Inc. 2012;
Kumar R& N. Stres and Coping Strategies among Nursing Students. Nurs Midwifery Res J. 2011;7.
Sing, N & Kohli C. Stres Reaction and Coping Strategies among Nursing Student. Asian J Nur Rdu Reseacrh. 2015;5(2):247–78.
Kharjana, M G D. Stres Level Of College Students: Interrelationship between Stres and Coping Strategies. J Humanit Soc Sci. 2014;19:40–6.
Anjanathattil D. Academic Stres and its Sources among University Student. Biomed Pharmacol J. 2018;10:33–41.
Juniati AS. Hubungan Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Yang Digunakan Pada Santri Remaja Di Pondok Pesantren Nurul Alimah Kudus. J Pros Hefa. 2017;
Hasanah U. Hubungan Antara Stres Dengan Strategi Koping Mahasiswa Tahun Pertama Akademi Keperawatan. Wacana Kesehat. 2017;1:138–45.
Al-Amer D. Stres and Coping Strategies Among Nursing Students. J Heal Sci. 2018;10:33–41.
W F& H. Psychiayric men.tal health nursing. USA.
AP P. Stres and Coping Strategies Among Australian Nursing Student. 2009;
DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v14i2.391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.