TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TINGKAT II TERHADAP PELAYANAN BAGIAN KEUANGAN STIKes

Indra Karana Napitupulu

Abstract


Kepuasan adalah perasaan senang ataupun kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara umum tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan bagian keuangan yang ada di lingkungan STIKes Dharma Husada Bandung. Total responden adalah 102 mahasiswa dari perwakilan seluruh program studi. Instrumen kuisioner terdiri dari 20 pernyataan. Dari semua kuesioner yang telah disebarkan, kuesioner yang masuk/kembali pada tanggal yang telah ditentukan untuk pengolahan data sebanyak 102 kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat. Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pelayanan bagian keuangan di STIKes Dharma Husada Bandung, menunjukkan nilai kepuasan secara umum sebagai berikut : penilaian untuk kuisioner harapan terhadap sampel responden yang ada memberikan hasil skor rata-rata > 5,00 dengan kategori kalsifikasi adalah sangat Pentingsebesar 60 (58,8%) responden artinya adalah mahasiswa menilai pernyataan kuisioner yang diberikan sangat penting untuk diaplikasikan. Sedangkan penilaian untuk kuisioner kenyataan terhadap respon responden memberikan hasil skor rata – rata > 4,00 – < 4,99 dengan kategori klasifikasi adalah puas sebesar 60 (58,8%) responden artinya mahasiswa merasa puas dengan pelayanan bagian keuangan STIKes Dharma Husada Bandung.

Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Pelayanan

 

 

ABSTRACT

Satisfaction is the feeling of pleasure or disappointment of someone who derives from the comparison between his impressions of the performance (or outcome) of a product and its expectations. The studi aims to is to determine the  general level of student satisfaction with the service of the financial department in the STIKes Dharma Husada Bandung. The total respondents were 102 students from representatives of all study programs. The questionnaire instrument consists of 20 statements. Of all the questionnaires that have been distributed, the questionnaire that entered/returned on a predetermined date for processing 102 data questionnaires. Data analysis is done univariat The results of research on the level of satisfaction of financial services in STIKes Dharma Husada Bandung, showed the value of satisfaction in general as follows: assessment for questionnaire expectations of the sample respondents who provide results average score> 5.00 with the category of calcification is very important for 60 (58.8%) of respondents means that students judge the questionnaire statement given is very important to be applied. While the assessment for the questionnaire of the reality of the respondent's response gives the result of the average score> 4.00 - <4.99 with the classification category is satisfied by 60 (58.8%) respondents means that students are satisfied with the financial service STIKes Dharma Husada Bandung.

Keywords: Level of Satisfaction, Service


Full Text:

PDF

References


M. Daryanto. Administrasi pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta; 1998

Burhanudin, Yusak. Administrasi pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia; 1998

Herabudin. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia; 2009

Engkoswara dan Aan Komariah. Administrasi pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010

Suharsaputra,Uhar. Administrasi pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama; 2013

Kotler, Philip. Marketing management. 11st edition. Prentice Hall, New Jersey; 2003

Furchan, A. Pengantar penelitian dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2004

Sugiarto, dkk. Teknik sampling. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; 2001

Purwanto, J. Editor: Sri Budianti. Dasar-dasar metode penarikan sampel. Jakarta: STIS; 2003

Sugiono. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2009




DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v9i1.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitor Statistics