PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Norma Mardiani, Budi Hermawan

Abstract


Pembelajaran dengan pendekatan Teacher Centered Learning paling umum diterapkan di institusi pendidikan tetapi kurang melibatkan peserta didik, sehingga pembelajaran tidak efektif dan mempengaruhi prestasi belajarnya. Hasil belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan peserta didik selama melaksanakan perkuliahan. Untuk itu, perlu adanya pola pembelajaran yang merangsang peserta didik aktif memahami pembelajaran teori melalui pembelajaran empirik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio. Rancangan penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan subjek penelitian mahasiswa tingkat II semester IV Diploma III Kebidanan STIKes Cirebon sebanyak 54 responden. Analisis data menggunakan uji beda untuk mengetahui model pembelajaran mana yang lebih baik.Hasil perhitungan uji beda (one tailed), model pembelajaran berbasis portofolio lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar, nilai signifikansi 0.009 (p <0.05), nilai rata-rata hasil belajar portofolio 3.25 dan konvensional 3.09. model pembelajaran berbasis portofolio lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada kelompok prestasi belajar <3, nilai signifikansi 0.006 (p <0.05), nilai rata-rata hasil belajar portofolio 2.87 dan konvensional 2.78. model pembelajaran berbasis portofolio lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada kelompok prestasi belajar ≥3, nilai signifikansi 0.105 (p >0.05), nilai rata-rata hasil belajar portofolio 3.37 dan konvensional 3.29.

Kata kunci: model pembelajaran berbasis portofolio, hasil belajar

 

ABSTRACT

Learning with Teacher Centered Learning approach commonly applied in educational institutions, but do not engage learners. Learning is not effective and the effect on student achievement. The learning result is one indicator of the success of learners for carrying out the course. Therefore, there needs to be a pattern of learning that stimulates active learners understand learning theory through empirical study by using model-based portfolio. Using a quasi-experimental research design, with research subjects II level students of fourth semester Diploma in Midwifery STIKes Cirebon as many as 54 respondents. Analysis of data using different test to determine the model of good learning. The calculation result of different test (one-tailed test), portfolio-based learning model is better than the conventional learning model for learning outcomes, the significant value of 0.009 (p <0.05), the average value of the portfolio learning outcomes conventional 3.25 and 3:09. portfolio-based learning model is better than the conventional learning model for learning outcomes on group learning achievement <3, the significant value of 0.006 (p <0.05), the average value of learning outcomes and conventional portfolio 2.87 2.78. Portfolio-based learning model is better than the conventional learning model for learning outcomes on group learning achievement ≥3, 0105 significance value (p> 0.05), the average value of the portfolio of learning outcomes and conventional 3:37 3:29.

Keywords: portfolio-based learning model, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Purba, Sopyan, Hartono. Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran Fisika SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. 2006; (diakses tanggal 10 Agustus 2012). Diunduh dari http://www. journal.unnes.ac.id.

Rohani. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Madrasah Aliyah Laboratorium IAIN Su Medan. 2012 (diakses tanggal 11 Januari 2013). Diunduh dari http://www.digilib.unimed.ac.id.

R.M. Felder and R. Brent, "Learning by Doing." . A column on the philosophy and strategies of active learning. Chem. Engr. Education, 2003; 37 (4) (diakses tanggal 9 Juli 2013). Diunduh dari http://www.4.ncsu.edu.

Djamaluddin dan Ma’ruf. Pengelolaan Pembelajaran Oleh Dosen IAIN Antasari Banjarmasin. Ittihad Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan. 2005; 3 (4) (diakses tanggal 15 November 2012). Diunduh dari http://www.isjd.pdii.lipi.go.id.

Budiada, I Wayan. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau Dari Adversity Quotient. 2012 (diakses tanggal 10 Agustus 2012). Diunduh dari http://www.pascaundiksha.ac.id.

Sumaryati, Sri. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Dasar Akuntansi Dengan Memperhatikan Emotional Quotient (EQ) Dan Motivasi Berprestasi. 2011. (diakses tanggal 14 Maret 2013). Diunduh dari http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id.

Sukmaningtyas. 2011. Hubungan Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Intelektual (IQ) Dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta. 2011. (diakses tanggal 14 Maret 2013). Diunduh dari http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id.

Trihandini, Fabiola. 2005. Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Hotel Horison Semarang). (diakses tanggal 17 Juli 2013). Diunduh dari http://www. eprints.undip.ac.id.

Carruso, D, R, 1999, Applying The Ability Model Of Emotional Intelligence To The World Of Work, (diakses tanggal 17 Juli 2013). Diunduh dari http://www.cjwolfe.com/article.doc.

Hendikawati, Putriaji. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. 2011 (diakses tanggal 08 Juli 2013). Diunduh dari http://www. akuntansi.uad.ac.id.

Pusdiknakes. Kurikulum Pendidikan Tinggi Diploma III Kebidanan. Jakarta: 2002.

Tim Program Studi D III Kebidanan. Borang Akreditasi 3A Program Studi D III Kebidanan STIKes Cirebon. Cirebon; 2012.

Prodi DIII Kebidanan STIKes Cirebon. Dokumentasi Nilai Akademik. Cirebon; 2012.

Sanjaya,Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group; 2010.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar; 2009.

Sulistyo, Mochamad Galih. Implementasi Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Portofolio Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jati Kudus Paramita. 2010;20(1). 2-92 (diakses tanggal 16 November 2012). Diunduh dari : http://www.journal.unnes.ac.id.

Thobroni M, Mustofa, Arif. Belajar dan Pembelajaran "Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional". Jogjakarta: Ar-Ruzz Media; 2011.

Suciati dan Irawan, Prasetya. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional; 2001.




DOI: https://doi.org/10.38165/jk.v7i1.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitor Statistics